Masak Mudah dan Cepat Di Rumah dengan Resep Ini

GURAME ASAM MANIS
. 1ekor gurame 800gr, fillet dan beri jeruk nipis cuci
– Bahan adonan tepung :
. 3 sdm maizena
. 5 sdm tpg terigu
. 2baput cincang
. 1/4sdt ladaku
. Garam
. Kaldu jamur
. Air secukupnya

– Bahan saos :
. 1 baput cincang
. 1/2 bombay iris . 1btg daun bwg iris
. 1bh nanas madu . 1sdm maizena, larutkan dg sdkit air
. 1 ruas jahe, geprek
. 4 sdm saos tomat
. 1 sdm kecap inggris
. 1 sdm saos tiram
. Garam
. Gulas
. Kaldu jamur
. 1/4sdt ladaku
. 250ml air

. – Cara :
. Bikin adonan tepung agak kental, aduk rata, tes rasa
. Balurkan ke seluruh gurame diamkan 30menit
. Panaskan minyak agak banyak goreng semua gurame sampai habis dan adonan tepung tidak bersisa
. Tiris, tata di piring besar
. Tumis baput, bombay sampai harum beri air lalu didihkan
. Masukan garam, gulpas, saos tomat, saos tiram, kcp inggris, nanas, kaldu jamur, lada, jahe
. Setelah matang tuang larutan maizena, tes rasa, matikan kompor
. Masukan daun bawang, tuang diatas gurame
. Sajikan

BOTOK TEMPE TERI
. 1/2 papan tempe pot dadu
. 1/4 kelapa muda parut
. 3sdm teri kering agak besar, cuci bersih
. 1 genggam daun melinjo pot memanjang
. Daun pisang . Tusuk gigi

– Bumbu :
. Garam
. Gulpas
. Kaldu jamur
. 4dn salam
. 4 ruas laos, bagi 4 geprek
. 5 cabe merah keriting (uleg)
. 3 baput cutting (uleg)
. 7 bamer (uleg)

*Cara :
. Masukan dalam wadah aduk rata tempe, kelapa, dn melinjo, bumbu, tes rasa
. Bungkus tum dg daun pisang, semat pake tusuk gigi (me, 4bungkus besar)
. Didihkan kukusan, kukus kurleb 25mnt
. Sajikan

DADAR TELUR PADANG
* Bahan :
. 3btr telor bebek
. 1btr telor ayam
. 1btg daun bawang, iris halus
. 1sdt ketumbar bubuk
. 1sdm tepung terigu
. 4sdm kelapa muda parut

*Bumbu uleg :
. 7 cabe merah keriting
. 5 bamer
. 2 baput cutting
. Garam sesuai selera
. Kaldu jamur

*Cara :
. Kocok telor, masukan semua bahan dan bumbu uleg aduk sampai rata
. Panaskan minyak di teflon, teteskan adonan telor untuk tes rasa
. Tuang semua adonan telor, masak dengan api kecil . Jika sudah garing bagian luar, tiris dan potong sesuai selera
. Sajikan Makanan Ini

Dua Menu Makanan yang Bikin Makin Lahap

Dua ide masakan ini bisa anda gunakan untuk dimasak sebagai menu harian anda loh. Selain sangat mudah, anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk membuat resep yang sederhana dan lezat ini. Simaklah dua resep menu harian rumahan yang bisa bikin lahap!

Sudah hampir waktunya makan siang ya, suami minta dimasakin teri disambelin.
Kalau saya ngikut aja, ngga masak sayuran karena tadi bikin gorengan bakwan sayur.
Depan rumah ada warteg jadi tinggal beli ke depan saja kalau mau sayur, wes gampang ..

TERI BALADO

Bahan
. 200gr teri asin
. 2lbr daun jeruk buang tulangnya
. Garam sedikit saja /bs di skip
. Kaldu jamur
. Minyak goreng

Bumbu halus :
. 21 cabe merah keriting
. 8 bamer besar

Cara :
. Cuci bersih teri, jemur & goreng garing ya, sisihkan
. Tumis bumbu halus sampai matang, masukkan dn jeruk, garam, kaldu jamur. Aduk merata. Matikan kompor
. Setelah teri, bumbu dingin campur merata lalu masukan ke toples tutup rapat
. Sajikan

Malam – malam baru bisa share resepnya, kemarin pagi saya belanja bandeng 2kg isi 6 ekor. Yang 1kg saya presto sisanya saya simpan di kulkas belum tau diolah apa nanti
Kemarin siang bandeng saya goreng separo, sisanya saya goreng tadi siang. Ohya bandeng langsung saya goreng tanpa dibalur telur ya

BANDENG PRESTO

. Bahan :
. 1kg ikan bandeng
. 1200ml air putih
. 6lbr daun kunyit
. 5lbr daun salam
. 6lbr daun jeruk
. Garam
. Kaldu jamur
. 5biji asam jawa(larutkan)
. 2bh jeruk nipis

. Bumbu blender :
. 4 baput
. 5 bamer
. Sejempol jahe
. Sejempol laos
. 1 jari kunyit
. 2btg serai ambil putihnya

. Cara :
. Bersihkan, beri jeruk nipis bandeng, cuci
. Rendam bandeng dg bumbu blender, grm, kldu jamur, asam kurleb 20 mnt
. Tata daun kunyit didasar panci presto smp tertutup ya spy bandeng tdk lengket
. Diantara sela2 bandeng kasih jg dn kunyit/salam agar tdk saling lengket . Lalu tuang bumbu rendaman, dn jeruk
. Presto 1 jam dari suara bunyi presto
. Setelah dingin bandeng baru pelan2 pindahkan ke wadah spy tdk hancur
. Goreng & sajikan

Kumpulan Resep Harian yang Mudah dan Simple

CEPLOK BALADO

. Bahan :
. 5 btr telur ayam
. 50 ml minyak goreng
. 100 ml air putih
. 1 sdt kaldu ayam bubuk
. Merica halus
. Garam
. ½ sdt gulpas
. 5lbr daun jeruk

. Bumbu halus :
. 11 cabe merah keriting
. Segenggam cabe rawit merah
. 6 bawang merah
. 1 tomat merah

. Cara membuat :
. Goreng ceplok telur seperti biasa tambahkan sejumput garam & merica sampai matang. Sisihkan.
. Tumis bumbu halus dengan minyak sisa untuk ceplok telur sampai harum.
. Masukkan garam, kaldu jamur, gulpas, kaldu bubuk, daun jeruk. Tambahkan air. Tes rasa.
. Masukkan telur kecilkan api masak hingga meresap & sajikan.

PIS KOPYOR

. Bahan :
. 7 lbr roti tawar
. 1 btr telur
. 500 ml santan sedang
. ½ btr daging kelapa muda
. 1 sdt vanili cair
. 2 lbr daun pandang
. 150 gr gulpas/sesuai selera
. ¼ sdt garam
. Daun pisang secukupnya

. Cara :
. Santan, gulpas, garam, vanili aduk merata hingga larut. Sisihkan.
. Alaskan daun pisang di wadah tahan panas. Masukkan roti tawar yang sudah dipotong sesuai selera, potongan daun pandan, daging kelapa muda.
. Tuang santan perlahan diatasnya. Tutup dengan daun pisang.
. Didihkan kukusan & kukus 20 menit. Sajikan.

CINGUR PUTREN CABE IJO

. Bahan :
. 500 gr cingur
. 250 gr putren
. 100 ml air putih

. Bumbu :
. 4 baput rajang
. 6 bamer rajang
. Segenggam rawit hijau
. 3 lbr daun salam
. 4 lbr daun jeruk
. Sejempol laos
. 5 sdm kecap manis
. 3 sdm kecap ikan
. 1 sdm gulpas
. Garam
. 2 sdt kaldu jamur

. Cara membuat :
. Rebus cingur beri daun salam & serai sampai empuk. Tiris & potong sesuai selera. Sisihkan
. Potong serong putren.
. Tumis baput, bamer, cabe sampai harum. Masukan putren, cingur & sisa bumbu lainnya.
. Tambahan air masak dengan api kecil sedang, ungkep sampai meresap.
. Tes rasa & sajikan.

RUJAK CINGUR

. Bahan :
. 500 gr Cingur sapi
. Tahu goreng
. Tempe goreng
. Kangkung
. Tauge
. Bengkoang
. Timun

. Bumbu :
. 250 gr petis udang
. 1 shaset terasi
. 5 sdm kacang goreng
. 2 sdt garam
. 2 sdt kaldu jamur
. 5 baput kating goreng
. Segenggam cabe rawit goreng
. 1 bh pisang klutuk
. Air asam jawa

. Cara membuat :
. Rebus cingur dengan salam sereh sampai empuk. Potong sesuai selera.
. Potong kangkung, bengkoang, timun sesuai selera.
. Rebus kangkung, tauge. Sisihkan
. Uleg kacang, cabe, bawang, garam, kaldu jamur, pisang, terasi sampai halus. Tambahkan petis & air asam. Tingkat kekentalan sesuai selera ya.
. Campur merata semua bahan & bumbu. Sajikan.

Resep Makanan yang Nikmat dan Lezat

Bakso kuah by Apni

Edisi habisin daging Qurban
Baksonya aku giling di luar tempat penggilingan sekalian minta diadonin hihi krna gak punya gilingan & gak mau tambah ribet

Bahan :
Adonan daging sapi
Bawang putih
Garam
Merica
Bumbu kaldu sapi
Air
Bahan pelengkap:
Tahu goreng
Mie kuning /bihun
Sawi
Seledri
Bawang goreng

Cara memasak:
1.Untuk baksonya :
adonan di buletin kecil kecil aja yaa biar gak eneg lalu masukkan ke air yang sudah mendidih, cara buletinnya ada di slide ke 2 ini, pakai sendok
2. Untuk kuahnya :
Air yang sudah mendidih di beri garam, merica, bumbu kaldu sapi, bawang putih yang sudah di geprek, Nah setelah itu masukkan bakso yang sudah jadi. Jangan lupa koreksi rasa
3. Untuk bahan pelengkapnya :
Di rebus dulu ya.. mie kuning dan sawinya. Boleh pakai mie bihun tapi krna ak gak trlalu suka yaa gak pakai
4. Sajikan dengan sambal kecap behhh… Mantap deh

Sayur bayam & kelor by Apni

Daun Kelor punya banyak manfaat loh ternyata :
– mencegah anemia
– baik untuk daya ingat
– kaya antioksidan
– memelihara kecantikan kulit wajah. dll

So.. bisa banget di konsumsi sehari hari yaa bisa di buat sayur salah satunya

Bahan :
1 ikat bayam
Daun kelor secukupnya
Wortel dan tomat sebagai bahan tambahan
1/2 ruas kunci
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Air secukupnya

Bumbu iris
3 Bawang merah
3 Bawang putih

Cara memasak:
– air yang sudah mendidih di beri potongan kunci, & bumbu iris (boleh di tambah daun salam).
– tambahkan bayam& daun kelor yang sudah di potong dr batangnya dan wortel.
– tambahkan garam dan gula
– koreksi rasa jangan lupa
– setelah itu beri irisan tomat dan bawang goreng

Nasi goreng PETE by Apni

Bumbu & cara masaknya sebenernya sama kayak nasi goreng biasa cuma di tambah pete aja, mumpung lagi musim pete , hehe gak nahan sama nikmatnyaa pete
Yang gak suka pete bisa di skip sih.. tapi yakin gak mau nyobain pete?? ueenaak loh ..

Bahan :
1 porsi nasi
Kecap secukupnya
Penyedap rasa secukupnya
Pete yang pasti secukupnya saja
Minyak secukupnya

Bumbu halus:
3 bawang merah
2 bawang putih
Cabe secukupnya
Garam secukupnya

Bahan pelengkap :
Tomat
Timun
Telur
Kubis , selada

Cara memasak:
1. Tumis bumbu halus hingga harus, tambahkan nasi aduk sebentar tambahkan penyedap rasa,kecap, dan yang pasti pete.
2. Aduk hingga merata
3. Koreksi rasa jangan lupa
4. Sajikan dengan bahan pelengkap

Ide Resep untuk Anda yang Hobi Memasak

SEMUR DAGING SAPI

Bahan:
300 gr daging sapi, potong2
4 siung bawang merah
4 siung bawang putih
5 butir kemiri
1/2 sdt merica bubuk
1/2 cm pala
6 sdm kecap manis
2 lembar daun salam
2 ruas lengkuas, memarkan
1 ruas jahe
2 buah cabe merah
Garam dan gula secukupnya
Air secukupnya
Minyak untuk menumis

Cara membuat:
Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, cabe merah, pala dan kemiri, lalu tumis sampai matang. Beri air, lalu masukkan kecap, daun salam, lengkuas, merica, garam dan gula. Aduk, lalu masukkan daging. Masak sampai daging matang.

TELUR DADAR SAYURAN

Bahan:
3 butir telur
5 buah buncis, iris tipis
1 buah wortel, iris kecil
2 siung bawang merah, cincang
2 siung bawang putih, cincang
1 batang daun bawang, iris
1 buah cabe merah, iris
1 sdm air
Garam dan kaldu bubuk secukupnya
Minyak goreng

Cara membuat:
1. Kocok telur sampai rata, lalu masukkan sayuran dan bahan lainnya, aduk.
2. Dadar dengan api sedang cenderung kecil sampai matang.

OTAK-OTAK UDANG

Bahan:
150 gr udang kupas, haluskan
10 sdm tepung sagu
1 butir putih telur
1 batang daun bawang, iris
3 siung bawang putih, haluskan
3 siung bawang merah, haluskan
Garam dan merica bubuk secukupnya
Air es secukupnya
.
Cara membuat:
1. Campur udang dengan putih telur, bawang merah, bawang putih, garam dan merica, aduk.
2. Masukkan tepung sagu dan daun bawang, aduk. Bisa ditambahkan air es sedikit demi sedikit sampai bisa dibentuk.
3. Bentuk memanjang, lalu rebus di air mendidih sampai matang, angkat.
4. Goreng dengan minyak panas sedang.

Ini adalah salah satu makanan khas Jawa Barat “Nasi tutug oncom”. Bahan utamanya adalah oncom Bandung yang terbuat dari kedelai, bukan ampas tahu/tempe. Tapi karena di sini ngga ada oncom Bandung, jadi pake oncom seadanya. Happy cooking

NASI TUTUG ONCOM

Bahan:
2 buah oncom, hancurkan
3 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 ruas kencur
2 buah cabe merah
1 lembar daun salam
Garam dan gula secukupnya
Minyak untuk menumis
Nasi putih

Cara membuat:
1. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe, kencur, garam dan gula, lalu tumis sampai harum dan matang. Masukkan daun salam dan oncom, aduk dan masak sampai matang dan agak kering.
2. Ambil adonan oncom lalu campurkan dengan nasi putih. Hidangkan dengan pelengkap seperti ayam goreng, tahu/tempe goreng, lalapan, sambal, dll.