SYARAT YANG HARUS DIPENUHI SEBAGAI PENERIMA VAKSIN COVID-19

SYARAT YANG HARUS DIKETAHUI SEBAGAI CALON PENERIMA VAKSIN COVID-19

Covid-19 merupakan virus dapat menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2. Penderita Covid-19 dapat diketahui dengan munculnya gejala deman,batuk kering, sesak napas, pilek dan sakit tenggorokan. Para penderita akan mengalami gangguan gizi yang dapat membuat tubuh menjadi rentan. Untuk dapat menghindari terkena Covid-19 dengan cara menghindari keramaian dan mencuci tangan dengan sabun, atau dapat juga dengan melakukan vaksin. Tapi sebelum menerima vaksin sebaiknya mengetahui apa saja syarat syarat sebagai calon penerima vaksin.

Berikut Ini Beberapa Syarat Yang harus diketahui Sebagai Calon Penerima Vaksin

1. Usia Harus Diatas 18 Tahun

Syarat pertama yang harus diketahui adalah batasan usia sebagai calon penerima vaksin. Batasan usia yang diwajibkan adalah 18 tahun, ini disebabkan vaksin virus corona belum diperkenankan untuk diberikan kepada orang dibawah 18 tahun atau masih anak anak.

2. Tekanan Darah Normal

Syarat kedua yang harus diketahui adalah tekanan darah, jika tekanan darah tinggi atau 180/110 maka vaksin tidak dapat diberikan kepada calon penerima. Oleh karena itu, sebagai calon penerima vaksin harus memiliki tekanan darah yang normal atau terkontrol.

3. Tidak sedang terkena Covid-19

Syarat ketiga yang harus diketahui adalah tidak sedang terkena covid-19. Jika sedang terkena covid-19 maka perlu menunda vaksinasi hingga sudah dinyatakan sembuh dari terkena covid-19. Meski tubuh sudah memiliki antibodi tetap harus diberi vaksin untuk dapat memperkuat sistem imun tubuh.

4. Tidak Sedang Hamil

Syarat keempat yang harus diketahui adalah tidak sedang hamil. Sebab sampai saat ini belum ada uji vaksin terhadap ibu hamil. Hal ini dapat menyebabkan risiko untuk ibu hamil dan janin. sehingga menyatakan ibu hami disarankan untuk tidak melakukan vaksin.

5. Tidak Memiliki Reaksi Alergi

Syarat kelima yang harus diketahui adalah tidak memiliki reaksi alergi. Hal ini, bila orang yang mempunya alergi terhadap komponen dari vaksin tidak dapat menerima vaksinasi. Bila saat vaksin pertama kali menunjukan reaksi alergi seperti sesak nafas, bengkak dan muncul kemerahan diseluruh tubuh disaran untuk tidak menerima vaksin untuk kedua kalinya.

Itulah beberapa syarat yang harus diketahui sebelum melakukan vaksin.

Leave a Reply