Pergi ke Pulau Komodo Saat Bukan Musim Kemarau

Mau trip ke manapun kayanya yang ga boleh lupa dibawa itu kopi, soalnya klo pagi-pagi skip ngopi bawaannya ada yang kurang seharian. Kaya pas lagi di TN Komodo, paling enak ngopi Kapal Api pagi di kapal sebelum trekking, terus ngopi lagi pas santai-santai di kapal abis snorkeling. Btw masih ada kesempatan buat submit (hari ini terakhir!) cerita kalian “Mengapa Kopi Kapal Api jelas lebih enak menurut versi kamu”.

Biasanya aku dan teman travelingku pergi ke Komodo saat musim kemarau ketika semuanya berwarna coklat dan keemasan tapi musim hijau ini tidak buruk sama sekali, menyukai suasana hijau Komodo meskipun saya masih lebih suka musim kemarau. Tapi tetap saja pulau komodo selalu indah kapanpun.

Hari yang sangat epik untuk memulai tahun baru ini, kami bertemu dengan begitu banyak pari manta hari ini, dalam situasi paling sempurna yang dapat Anda bayangkan, airnya luar biasa jernih dan tenang, pari manta yang agung ini terus mengelilingi kita di perairan dangkal, kita bahkan melihat mereka di dalam air kurang dari 3 meter (lihat postingan Instagram @ferryrusli untuk melihat pari manta di air yang sangat dangkal). Kami bermain-main selama lebih dari satu jam, bahkan ketika kami pindah ke pantai, pari manta itu masih berkeliaran di sekitar tempat itu.

Sore harinya kami pergi ke spot yang sama untuk snorkeling dan menikmati terumbu karang, kami tidak menyangka akan bertemu pari manta lagi tapi kami melihat mereka lagi begitu masuk ke air, ada empat dari mereka membuat lingkaran di sekitar air di dekat kami dan tentu saja kami bermain lagi di sekitar mereka. Mereka terus berenang bolak-balik di dekat kami selama lebih dari satu jam sampai kami memutuskan untuk kembali ke perahu, ini pasti pengalaman yang sangat menyenangkan dan total hari yang sempurna untuk memulai 2018. Alam telah sangat baik kepada kami, terima kasih Tuhan dan terima kasih keluarga pari manta karena bermain di sekitar kami hari ini.

Leave a Reply