MANFAAT DAN DAMPAK MENGONSUMSI CABAI UNTUK KESEHATAN

MANFAAT DAN DAMPAK MENGONSUMSI CABAI UNTUK KESEHATAN

Siapa yang tidak suka cabai yang memiliki rasa pedas. Tetapi, banyak juga orang tidak menyukai cabai dikarenakan tidak tahan dengan rasanya yang pedas. meskipun begitu cabai memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan. Tapi disarankan mengonsumsi cabai sesuai dengan kemampuan perut dan tubuh agar tidak menyebabkan dampak pada kesehatan tubuh. Cabai mengandung nutrisi dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dikarenakan mengandung vitamin C, vitamin B6, vitamin K, kalium, tembaga dan vitamin A. Bukan itu saja kandungan dalam cabai, cabai juga mengandung asam sinapic, asam ferulic, antioksidan, lutein dan karotenoid yang membantu mencegah terkena berbagai penyakit kronis seperti kanker. Manfaat cabai perlu diketahu bagi para pecinta makanan pedas sebagai berikut.

Berikut ini manfaat mengonsumsi cabai bagi kesehatan yang harus diketahui bagi para pecinta makanan pedas

1. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat pertama yang perlu diketahui oleh para pecinta pedas yaitu dapat menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan peningkatkan kerja metabolisme pada tubuh yang menghasilkan pembakaran lemak, itu terjadi karena terkandung zat capsaicin dalam cabai yang menyebabjan kerja metabolisme.

2. Membantu menjaga kesehatan mata

Cabai juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata, hal ini disebabkan oleh kandungan lutein dalam cabai. Kandungan lutein ini bermanfaat dalam mencegah kerusakan mata akibat penuaan seperti katarak dan defenerasi makula. Jenis cabai yang baik untuk mata adalah cabai hijau karena kandungan lutien dalam cabai hijau lebih banyak dari yang lainnya.

3. Membantu menjaga kesehatan jantung

Manfaat cabai juga membantu menjaga kesehatan jantung hal ini disebabkan adanya kandungan vitamin B6, asam folat, kalium, dan beta karoten yang membantu terhindari dari penyakit serangan jantung. Bukan hanya itu saja, cabai yang mengandung capsaicin juga membantu mencegah terjadinya pembekuan darah pada jantung.

Cabai bukan hanya memiliki banyak manfaat, cabai juga memiliki efek samping bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini dampak dari mengonsumsi cabai bagi kesehatan

1. Diare

Dampak pertama mengonsumsi cabai dapat membuat diare, hal ini terjadi karena mengonsumsi cabai secara berlebihan yang dapat membuat perut menjadi sakit dan merasakan sensasi panas di perut. Untuk mengatasi hal tersebut bisa dengan mengonsumsi cabai secukupnya saja agar tidak timbul rasa sakit diperut.

2. Apendisitis

Apendisitis merupakan salah satu penyakit yang terjadi pada usus buntu yang dapat menyebabkan peradangan pada usus buntu. Penyakit ini dapat membuat usus menjadi pecah dan memperparah infeksi pada usus yang dapat mengancam nyawa jika tidak segera ditangani oleh tenaga medis. Untuk mengatasi hal tersebut bisa dengan mengurangi mengonsumsi makanan pedas.

 

Leave a Reply