Bagaimana Cara Untuk Sampai Ke Raja Ampat

Bagaimana Cara Untuk Sampai Ke Raja Ampat

Raja Ampat wilayah yang terletak di Papua Barat merupakan salah satu tempat pariwisata sangat popular di Indonesia dan menjadi parawisata paling favorite di negara Indonesia pada artikel ini akan kami sampaikan sedikit informasi perjalanan untuk sampai ke Raja Ampat.

Matahari mulai muncul pada saat saya menyelesaikan perjalanan ke puncak melalui hutan Di menit-menit awal pagi ini ketika matahari yang baru saja terbit saya berdiri diam dan masih di tempat terbuka kecil. Saya menatap tajam ke cabang pohon, mendengarkan dengan cermat juga.

Tiga di antaranya – burung cendrawasih merah – di satu-satunya tempat di planet ini mereka ditemukan di alam liar: Raja Ampat di wilayah Papua Barat, Indonesia.

Burung-burung itu diberi nama dengan tepat. Mereka benar-benar datang dari tempat yang bisa menjadi surga.

Raja Ampat, sebuah kepulauan dengan sekitar 1500 pulau, memiliki keanekaragaman hayati laut terkaya di dunia. Hal itu, pada gilirannya, telah menciptakan kondisi prima bagi evolusi hewan dan manusia di daratan di atas air.

Pulau-pulau ini adalah salah satu bagian paling terpencil di Indonesia – dan itu berarti sesuatu untuk negara di mana transportasi sangat sulit. Wilayah Papua Barat hampir berada di paling timur Indonesia, lebih dari 4000 kilometer dari seberang negara.

Ekosistem yang kaya ini dan keterasingan fisik telah menjadikan Raja Ampat kantong surga yang luar biasa. Untuk sebagian besar waktu, hampir tidak tersentuh oleh dunia luar. Namun kini wisatawan telah menemukan keajaibannya.

Burung cendrawasih merah yang melompat di antara cabang di atas saya adalah simbol kebanggaan Raja Ampat. Dalam banyak hal, saya pikir mereka mewakili pulau-pulau ini dengan sempurna: Mereka langka, tidak diketahui banyak orang, membutuhkan sedikit usaha untuk menemukannya, tetapi sepadan dengan perjalanan untuk keindahan yang tidak terganggu.

Bagaimana menuju ke Raja Ampat

Hal pertama yang akan Anda sadari ketika mulai mencari cara untuk mencapai Raja Ampat adalah bahwa tidak mudah untuk sampai ke sini. Itu mungkin – dan semoga Anda tidak akan mengalami banyak masalah – tetapi ini membutuhkan waktu lama dan tidak murah.

Kabar baiknya adalah bahwa kerumitan mencari cara untuk mencapai Raja Ampat (apalagi mewujudkan rencana itu) membuat gerombolan turis menjauh. Saat mereka melawan orang banyak di Bali, Anda akan memiliki utopia yang belum terjamah ini hampir pada diri Anda sendiri.

Penerbangan ke Sorong

Untuk mencapai Raja Ampat, Anda harus terbang dulu ke bandara di Sorong. Karena tidak ada permintaan yang besar, penerbangan menjadi terbatas – tetapi situasinya menjadi lebih baik.

Saat ini ada beberapa maskapai penerbangan yang terbang langsung dari Jakarta ke Sorong, berguna jika Anda datang langsung dari penerbangan internasional. Namun, jika Anda ingin datang dari Denpasar (Bali), Anda masih perlu melakukan transit di Makassar.

Bandara Sorong ke Pelabuhan Raja Ampat

Dari bandara, Anda harus pergi ke pelabuhan untuk naik perahu ke pulau-pulau. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan naik taksi, yang biayanya sekitar 100.000 rupiah. Perjalanan hanya memakan waktu sekitar 15 menit.

Sorong ke Raja Ampat
Tetap bersama saya – Anda hampir sampai! Sekarang Anda perlu pergi dari pelabuhan Sorong ke kepulauan Raja Ampat dan cara terbaik adalah dengan kapal feri.

Kebanyakan orang ingin melakukan perjalanan standar dari Sorong ke Waisai, yang merupakan kota utama di pulau utama Raja Ampat, Waigeo. Akomodasi Anda mungkin sudah mengatur untuk menjemput Anda dari sana (info lebih lanjut tentang akomodasi di bawah). Jika pihak akomodasi berpendapat ada cara yang lebih baik, mereka akan menyarankannya terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *