TRADISI TRADISI UNIK DI INDONESIA

TRADISI TRADISI UNIK DI INDONESIA

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak beragaman suku, budaha, etnis dan kepercayaan. Inilah alasan mengapa dari ujung timur hingga ujung barat Indonesia memiliki tradisi yang unik yang berasal dari masing-masing daerah yang berbeda beda.

Beberapa Tradisi unik yang ada di Indonesia yang akan dibahas berikut ini.

1. Upacara Tiwah – Kalimantan Tengah

Upacara Tiwah merupakan ritual yang di lakukan oleh penganut Hindu Kaharingan, yang merupakan kepercayaan asli dari suku Dayak sebagai tanda bakti kepada leluhur.
Tiwah sendiri merupkan upacara kematian tingkat terakhir. Menurut suku Dayak, kematian masih perlu disempurnakan agar roh dapat hidup dengan tentram bersama Ranying Hatalla. Ritual satu ini di lakukan untuk mengantar tulang orang mati ke sebuah tempat bernama sandung.
Tiwah sendiri dilaksanakan untuk menjauhkan keluarga dari kesialan bagi keluarga yang ditinggalkan. Dan upacara Tiwah juga dapat melepaskan status duda atau janda dari pasangan yang ditinggalkan.

2. Iki Palek – Papua

Bagi suku yang terletak di Papua, kesetiaan dan kebersamaan merupakan hal yang sangat penting. Oleh karena itu, kehilangan anggota keluarga, maka mereka juga harus memotong ruas jari mereka.
Tradisi potong jari ini dikenal dengan nama Iki Palek, yang merupakan cara yang sangat ekstrim untuk membuktikan rasa sayang dan bukti cinta kepada keluarga yang sudah meninggal.
Dengan memotong jari ini juga menunjukkan seberapa banyak keluarga yang sudah meninggal. Mayoritas yang melakukan tradisi ini ialah wanita.

3. Tradisi Manene – Toraja

Tradisi Manene merupakan upacara mayat berjalan yang di lakukan oleh masyarakat suku Toraja Utara.
Tradisi Manene sendiri merupakan tradisi di Tana Toraja yang dilakukan dengan membersihkan jenazah leluhur Toraja dan selanjutnya menggantikan baju dan kainnya.
Di dalam ritual ini, mayat yang sudah berusia puluhan hingga ratusan tahun akan di keluarkan dari liang kuburan agar dibersihkan dan diganti kain dan bajunya. Dan upacara ini termasuk kedalam adat Rambu Solo (kematian).
Upacara Manene hanya boleh dilaksanakan dibulan Agustus setelah musim panen.

Inilah beberapa tradisi unik yang ada di Indonesia yang hingga kini masih ada dan masih di lestarikan keberadaannya.

Leave a Reply