Telinga Sering Berdenging? Ini 3 Penyebab Utama Masalahnya

Telinga yang berdenging merupakan tinnitus. Tinnitus sendiri adalah masalah umum yang di alami sekitar 20 hingga 25 persen orang. Tinnitus sebenarnya bukan hal yang menakutkan, karena ini bukan lah penyakit.

Meski kondisi tinnitus cukup mengganggu, hal ini bukanlah masalah yang serius.  Bagi beberapa orang, kondisi ini bisa di atasi dengan pengobatan, meskipun kondisi ini bisa saja menjadi lebih buruk seiring dengan pertambahan usia.

Untuk mengatasi suatu masalah, tentu saja kita harus mengetahui apa penyebab utama dari masalah tersebut agar bisa di atasi dengan baik. Lantas apa saja yang mempengaruhi tubuh hingga menyebabkan terjadinya tinnitus? Nah, berikut ini ada beberapa penyebab utama terjadinya tinnitus.

1. Kotoran telinga yang tidak di bersihkan

Tubuh akan menciptakan kotoran telinga secara alami untuk menjaga saluran telinga dengan menjebak kotoran yang masuk serta memperlambat perkembangan bakteri. Kotoran telinga sebenarnya bisa di bersihkan dengan sendirinya ketika mandi.

Namun, kotoran telinga yang sudah di biarkan terlalu lama dan menumpuk di dalam telinga sering kali sulit untuk di bersihkan, apalagi di bersihkan secara alami. Hal ini tentu saja bisa menyebabkan gangguan pendengaran, iritasi gendang telinga, hingga telinga terasa seperti berdenging.

Untuk mencegah ini terjadi, ada baiknya kamu selalu memperhatikan kebersihan telinga kamu. Dan apa bila sudah menumpuk dan sulit di bersihkan, segera konsultasi ke dokter karena dokter bisa membantu membersihkan penumpukan kotoran itu dengan baik dan aman.

2. Paparan suara yang keras

Penyebab kedua cukup sepele, yaitu kebisingan yang sering kita dengar. kebisingan yang tercipta dari beberapa faktor seperti suara gergaji mesin, kebisingan kendaraan, senjata api, hingga musik yang terlalu keras juga bisa menyebabkan gangguan pendengaran. Kondisi tinnitus satu ini bisanya tidak akan berlangsung lama dan akan membaik dengan sendiri.

Meski begitu, paparan suara yang keras terhadap telinga bisa menjadi pemicu kerusakan pendengaran secara permanen.

3. Usia

Gangguan pendengaran terkait bertambahnya usia sering kali terjadi pada individu yang sudah memasuki usia di atas 60 tahunan. Kondisi pendengaran yang sudah hilang sering kali menyebabkan terjadinya tinnitus.

Kondisi ini biasanya akan terjadi pada kedua telinga. Umumnya kondisi ini akan semakin parah jika si penderita mendengar  suara dengan frekuensi yang keras.

Leave a Reply