MANFAAT DAN CARA MENGOLAH MINYAK ZAITUN

MANFAAT DAN CARA MENGOLAH MINYAK ZAITUN

Minyak zaitun yang biasa di sebut olive oil merupakan jenis minyak yang paling baik untuk memasak yang berasal dari buah zaitun. Minyak zaitun ini bukan hanya untuk memasak tapi bisa juga digunakan sebagai bahan bahan kecantikan dan obat obatan. Minyak zaitun ini banyak di produksi di negara spanyol, italia dan yunani. Untuk menghasilkan minyak zaitun hanya bisa didapatkan dari buah zaitun yang masih setengah matang, sebab buah zaitun yang telah matang menghasilkan minyak yang kurang baik untuk tubuh. Sehingga para petani dapat mengambil buah zaitun tanpa menunggu matang.

Proses pembuatan minyak zaitun memiliki 2 cara yaitu mengolah secara tradisional dan mengolah secara modern.

1. Mengolah Secara Tradisional

Mengolah buah zaitun secara tradisional dapat di lakukan dengan metode menghancurkan buah zaitun hingga menjadi pasta agar mengeluarkan minyaknya dari buah tersebut. Metode ini menggunakan pengiling yang terbuat dari granit untuk menghancurkan buah zaitun tersebut. Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 20 hingga 45 menit untuk menghasilkan minyak berkualitas bagus.  Jika melalukan proses yang terlalu lama akan menghasilkan kualitas dan ketahanan minyak menjadi menurun.

Setelah proses tersebut, selanjutnya pasta tersebut di tempatkan pada wadah yang terbuat dari rami yang kemudian di tekan menggunakan mesin pres hidrolik.  Tekanan yang diberikan oleh mesin tersebut akan mengeluarkan minyak dan air  yang terkandung dari pasta akan mengalir ke sisi cakram. Kemudian, minyak dan air akan di pisahkan dengan menggunakan dekantasi atau sentrifugasi yang dapat memisahkan campuran air dan minyak.

2. Mengolah Secara Modern

Mengolah buah zaitun secara modern dapat di lakukan dengan menghancurkan menggunakan mesin cakram bergerigi. Proses ini dapat menghasilan pasta yang lembut dan alat ini dilengkapi dengan gas inert yang dapat menghasilkan minyak kualitas tinggi dan mengurangi oksidasi. kemudian past yang telah digiling akan di tempatkan pada botol untuk melakukan sentrifugasi  untuk  mengeluarkan air dan minyak dari pasta tersebut.

Manfaat Minyak zaitun untuk kesehatan

Minyak zaitun yang dikonsumsi memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat minyak zaitun bagi kesehatan:
1. Kaya antioksidan dan mengandung lemak tak jenuh tunggal
2. Mengurangi risiko terkena kanker
3. Mencegah terkena stroke
4. meningkatkan kesehatan jantung
5. mencegah obesitas dan diabetes tipe 2

 

Leave a Reply