5 Jajanan Jadul Yang Bikin Nostalgia

Masa kecil menjadi saat-saat paling menyenangkan, karena kamu bisa bermain sepuasnya dan makan apapun yang di inginkan. Jika mengingat makanan saat masa kecil, semua makanan yang di jual selalu membuat kita senang.

Untuk mengenang masa kecil yang seru, berikut ini ada beberapa jajanan jadul yang bikin nostalgia.

1. Rambut nenek

Jajanan yang berbahan dasar gula ini namanya berbeda-beda di setiap daerah, ada yang menyebutnya arbanat, rambut nenek, arumanis, dan gulali. Makanan ini biasanya di makan bersamaan dengan kerupuk yang berbentuk lingkaran.

Jaman dulu pedagang rambut nenek akan berkeliling dengan menggendong wadah dari kaleng untuk berjualan, bikin teringat masa kecil ya.

2. Kue grubi

Jajanan ini terbuat dari ubi jalar dan gula merah yang enak. Harga jajanan ini juga sangat murah, sehingga tidak heran jika banyak orang yang membelinya bukan hanya sekali karena ketagihan.

Sama halnya dengan rambut nenek, jajanan murah meriah ini juga memiliki banyak sebutan di beberapa daerah. Ada yang menyebutnya kremesan ubi, sarang balam, sekerremes, gagati, walangan, grubi, carang mas, cakar ayam, dan jajan srebet. kalau di daerahmu namanya apa?

3. Kue sarang laba-laba

Kue kering dengan cita rasa manis ini memiliki penggemar yang sangat banyak. Rasanya yang lezat serta pas di lidah menjadikan jajanan satu ini banyak penggemarnya. Jajanan berbentuk sarang laba-laba ini di buat dari tepung terigu.

4. Jagung kelapa

Jagung kelapa memiliki sebutan yang berbeda-beda di setiap daerah. Ada yang memangilnya grontol, gongsir, salkomsel, blendung, bledus, kukurau, dan jagung urap. Jagung yang di taburi kelapa parut ini biasanya akan di sajikan bersamaan dengan taburan gula pasir.

5. Permen gulali

Yang terakhir ada permen jadul yang terbuat dari gula leleh yang di bentuk sedemikian rupa.

Penjual permen harus memiliki keterampilan tangan untuk membentuk permen semenarik mungkin agar di sukai anak-anak.

Itulah 5 jajanan jadul yang bisa bikin kita nostalgia kembali ke masa kecil yang menyenangkan. Dari kelima jajanan di atas mana yang belum pernah kamu coba?

Leave a Reply