Manfaat dan dampak lidah buaya

MANFAAT DAN DAMPAK LIDAH BUAH BAGI KESEHATAN

Lidah buaya memiliki banyak manfaat penting bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Tanaman satu ini juga sering dikenal dengan nama Aloi Vera yang digunakan untuk mengatasi gangguan kesehtan sudah sejak lama dari penyakit kulit hingga gangguan sambelit. Salah satu kegunaan lidah buaya yang paling dikenal adalah melembapkan kulit. Lidah buaya merupakan bahan alami dalam mengatasi kulit kering. Selain memiliki banyak kegunaan lidah buaya juga memiliki beberapa dampak bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat dan dampak bagi kesehatan tubuh.

Beberapa Kegunaan Lidah Buaya Bagi Kesehatan

1. Mengatasi kulit kering

Lidah buaya yang dioleskan ke kulit dapat membantu mengatasi kulit kering dikarenakan lidah buaya mengandung mineral, enzim, antioksidan, vitamin A, C, dan E yang baik untuk kulit. Kandungan inilah yang membantu melembabkan kulit, mencegah dehidrasi kulit wajah. Selain itu, lidah buaya juga dapat membuat kulit menjadi kenyal yang sebabkan dari kandungan gel yang berasal dari daging lidah buaya.

2.Menghilangkan jerawat

Lidah buaya juga membantu mengatasi jerawat yang disebabkan Lidah buaya mengandung antibakteri yang dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat sekaligus membersihkan kulit. Bagian lidah buaya yang dimanfaatkan dari kandungan gel yang ada pada dagingnya. Kandungan ini lah yang diolah menjadi bahan dasar pengobatan jerawat.

3.Menjaga kesehatan rambut

Kegunaan lidah buaya bukan hanya untuk kulit saja, tapi lidah buaya juga memiliki manfaat untuk rambut.  Manfaat lidah buaya bagi rambut yaitu dapat membantu mengatasi masalah rasa gatal pada rambut, memperkuat rambut, mengatasi masalah minyak pada kulit kepala dan membantu memperkilau rambut.

Dampak penggunan lidah buaya secara berlebihan

Selain memiliki banyak manfaat, lidah buaya juga memiliki efek samping bisa di gunakan secara berlebihan. Lidah buaya mengandung zat Aloin yang bisa menyebabkan terjadinya kanker kolon atau di sebut kanker usus besar. Selain itu, lidah buaya juga dapat menyebabkan alergi terhadap kulit. Lidah buaya yang digunakan untuk ibu hamil dapat menyebabkan risiko terjadi kecacatan dan keguguran pada janin.

Itulah beberapa manfaat dan dampak efek samping dari lidah buaya bila digunakan secara berlebihan.

Leave a Reply