Baik Untuk Kesehatan, Ini 3 Makanan Lezat Yang Kaya Akan Tembaga

Baik Untuk Kesehatan, Ini 3 Makanan Lezat Yang Kaya Akan Tembaga

Tembaga merupakan salah satu jenis mineral yang di butuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang sedikit saja. Fungsi tembaga bagi tubuh adalah untuk membantu pembentukan sel darah merah, tulang, dan beberapa enzim penting lainnya. Mineral satu ini juga memiliki peran dalam pemrosesan kolesterol, tumbuh kembang bayi dalam kandungan, dan fungsi imun tubuh.

Tubuh tidak dapat memproduksi tembaga secara alami, maka dari itu kita sangat di haruskan untuk mencukupi kebutuhan tembaga melalui makanan. Pada dasarnya, seseorang akan membutuhkan asupan tembaga 900 mg sehari, dan untuk ibu hamil harus mendapatkan 1 sampai 1,3 mg sehari.

Lantas makanan apa saja yang bisa membantu memenuhi kebutuhan asupan tembaga harian tubuh? Berikut ini ada beberapa daftar makanan yang bisa kamu andalkan.

1. Tiram

Tiram merupakan hewan laut yang bisa di sajikan dengan dua cara yaitu di masak atau di makan mentah tergantung selera. Tiram menjadi salah satu makanan laut yang tinggi nutrisi seperti selenium, seng, dan vitamin B12 namun tetap rendah kalori.

Bukan hanya itu, ternyata tiram juga menyediakan tembaga yang di butuhkan oleh tubuh. Dalam 100 gram tiram, kita bisa mendapatkan 7,6 mg tembaga dan itu sudah memenuhi 844 persen kebutuhan asupan harian tubuh.

2. Jamur shitake

Jamur shitake memiliki rasa gurih dengan tekstur yang sangat cocok bagi kamu yang ingin atau sedang melakukan diet makanan nabati. Jamur shitake yang sudah di olah menjadi masakan juga mengandung tembaga sebanyak 1,3 mg, dan ini sudah mencukupi 144 persen kebutuhan harian tubuh. Selain tembaga, shitake juga menjadi sumberĀ  asam pentotenat dan seng yang baik.

Konsumsi jamur shitake nyatanya juga bisa membantu menghambat pertumbuhan tumor pada kanker tertentu berkat kandungan gula yang bernama lentinan.

3. Tahu

Tahu menjadi salah satu sumber protein terbaik pengganti daging dan baik untuk di konsumsi orang-orang yang menjalani diet nabati. Dalam satu gelas tahu bisa menyediakan protein yang setara dengan 7 butir telur.Selain itu, tahu juga menyediakan sumber serat dan zat besi yang di butuhkan oleh tubuh. Kandungan tembaga dalam tahu juga banyak dan sudah bisa mencukupi 106 persen kebutuhan tubuh.

Tembaga memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, maka sangat di anjurkan untuk mencukupi kebutuhan tembaga harian kamu agar kesehatan tubuh bisa terjaga dengan baik.